Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Pasangan di Bawah Umur Ditemukan Sekamar di Kos dan Sabu Dalam Razia Yang Digelar Pol PP bersama Disbudpora

Detak Terkini
Rabu, 16 Februari 2022, Februari 16, 2022 WIB
Razia di malam valentine yang digelar Pol PP bersama Disbudpora di sejumlah hotel. (Foto : Sahida)



TARAKAN, DetakTerkini.com – Razia di malam valentine yang dilakukan Dinas Satpol PP dan PMK Tarakan, Senin (14/2/2022) malam mendapati banyaknya pasangan di bawah umur sekamar di penginapan atau kos.


Dalam razia yang digelar, selain melakukan pengawasan terhadap penyakit masyarakat, Satpol PP juga memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinas Satpol PP dan PMK Tarakan, Hanip Matiksan menuturkan pihaknya melakukan razia dalam dua sesi.

Sesi pertama di pukul 21.00 Wita menyasar ke rumah kos-kosan dan losmen dan lanjut sesi kedua sekira pukul 23.00 Wita di sejumlah tempat hiburan malam (TM) bersama Dinas Pariwisata.

“Di THM kami juga menanyakan soal perizinannya dan prokes. Di THM ini izinnya lengkap dan pengunjung sepi. Tapi kami tetap berikan edukasi dan pengarahan,” ujarnya, Selasa (15/2/2022) dikutip dari Koran Kaltara.

Sedangkan razia di sejumlah kos yang ada di area Kelurahan Kampung Satu Skip dan penginapan di Jalan Bom Panjang ditemukan pasangan yang masih berusia di bawah umur hingga sabu.

Hanip menambahkan dalam razia yang ia lakukan, tidak hanya sekali menemukan sabu. Belum lama ini pihaknya juga menemukan sabu saat menggelar razia gabungan di sekitar area Jalan Mulawarman.

“Kalau berapa gram belum diketahui. Ada alat isapnya, tapi pelaku kabur, kamarnya kosong. Ada tiga masker dalam kamar. Nanti ditelusuri lagi siapa yang menginap di situ kan pasti pemilik losmen pegang data dirinya. Kami juga koordinasikan ke pihak Polres,” imbuhnya.

Dalam razia yang digelar pada momen malam valentine ini, pihaknya menurunkan sebanya 36 personel ditambah 12 orang dari Dinas Pariwisata.

Hasilnya, selain sabu ditemukan juga pasangan berusia di bawah umur yang masih belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sedikitnya ada sekitar 10 orang yang diamankan di Mako Satpol PP Tarakan. Setelah diamankan, dilakukan pemeriksaan untuk BAP dan pembinaan, selanjutnya untuk pasangan yang di bawah umur akan dipanggil orangtuanya.

“Kami juga akan melakukan pemanggilan terhadap pemilik penginapan atau indekos yang tetap menerima pasangan atau anak di bawah umur. Sebenarnya, kami sudah pernah panggil. Kalau memang melanggar sampai dua tiga kali kami bekukan saja izinnya daripada melanggar terus, memang sering kali di penginapan itu. Kami akan tindak tegas juga,” tegasnya.

Salah satu warga, Arman yang tinggal di belakang salah satu penginapan di Jalan Imam Bonjol menuturkan saat dilakukan razia, ada wanita yang melompat dari lantai dua dan bersembunyi di bawah tandon, kemudian berlari dan masuk ke rumahnya.

“Memang sering ada orang yang tiba-tiba lompat baru masuk ke dalam rumah saya. Kami tidak bisa juga mau buat apa-apa, nanti dikira membantu lagi,” tuturnya.

Ia menambahkan, penginapan tersebut sebenarnya sudah meresahkan warga sekitar, lantaran pengunjungnya kerap membuang bekas alat kontrasepsi hingga alat isap sabu di sekitar rumahnya.

“Saya sabar saja. Bagus ditegaskan saja penginapan ini, kalau begini terus bagus ditutup saja. Saya sudah berapa kali lapor Ketua RT, tapi tetap saja begitu terus. Setiap razia ada saja yang dibawa,” ungkapnya.
Komentar

Tampilkan

  • Pasangan di Bawah Umur Ditemukan Sekamar di Kos dan Sabu Dalam Razia Yang Digelar Pol PP bersama Disbudpora
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed