Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Masyarakat Sesua Harapkan Bantuan Pemerintah Malinau Membebaskan Lahan Berstatus KBK

Detak Terkini
Sabtu, 12 Februari 2022, Februari 12, 2022 WIB
Bupati Malinau Wempi W Mawa saat bercengkerama dengan petani di ladang. (Foto: Sollaimansyah)



MALINAU, DetakTerkini.com– Masyarakat Desa Sesua, khususnya kelompok tani, mengharapkan bantuan Pemerintah Kabupaten Malinau dapat mengusulkan ke pemerintah pusat agar dapat membebaskan lahan yang masih berstatus Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK).


Kepala Desa Sesua, Edy gunawan menyampaikan, pada tahun 2009 lalu terdapat program pemerintah daerah swasembada pangan atau persawahan dengan luas 159 hektare. Bahkan, saat itu telah digarap dengan menggelontorkan anggaran miliaran rupiah.

“Akan tetapi terhenti dikarenakan luas lahan 159 hektare masih berstatus KBK,” ungkap Edy, Jumat (11/2/2022) dikutip dari Koran Kaltara

Dengan kehadiran bupati bersama rombongan di Desa Sesua ini, Edy menaruh harapan agar pemerintah daerah dapat membuka lahan dengan tata ruang yang saat ini telah disusun.

“Harapan kami lahan itu bisa dibebaskan dan dibuka kembali agar masyarakat desa yang sudah melakukan aktivitas pertanian bisa produktif,” katanya.

Edy memprediksi dalam waktu 10 tahun ke depan luas lahan pertanian menyusut. Apalagi, masyarakat sudah mengalihfungsikan lahan mereka dari pertanian ke perkebunan, utamanya kelapa sawit.

“Belum lagi ditambah alih fungsi pemukiman. Nah kami khawatirkan sudah tidak ada area lagi untuk lahan pertanian,” jelasnya.

Edy menyebutkan, produksi pertanian di Desa Sesua ini cukup tinggi. Berdasarkan data di tahun 2021 lalu, rata-rata hasil pertanian yang terjual ke Perusda mencapai 50,3 ton.

“Bahkan di awal 2022 ini pada musim tanam ketiga ini berdasarkan sampel dari PPL dan BPS menghitung yang dihasilkan dari masyarakat desa per hektarenya 3,5 ton. Ini belum keseluruhannya. Jadi kami bisa prediksikan masa tanam ketiga melebih dari 50 ton itu,” ungkapnya.

Sementara Bupati Malinau, Wempi W Mawa menegaskan, usulan yang telah disampaikan oleh pemerintahan Desa Sesua sudah diajukan ke pemerintah pusat.

“Sudah kami ajukan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait lahan KBK yang dikelola masyarakat desa,” ungkapnya.

Bupati mengatakan, saat ini usulan tersebut masih diproses. “Karena saat saya ke Jakarta, dari pemerintah pusat melalui KLHK sudah janji, akan mengeluarkan lahan-lahan KBK yang digarap warga atau pemukiman masyarakat yang berada di KBK ini,” pungkasnya. 
Komentar

Tampilkan

  • Masyarakat Sesua Harapkan Bantuan Pemerintah Malinau Membebaskan Lahan Berstatus KBK
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed