Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Subsidi Ongkos Angkut Rp 40 Miliar, Pemerintah Kucurkan Untuk Penerbangan Perintis 2022

Detak Terkini
Selasa, 18 Januari 2022, Januari 18, 2022 WIB

 

Penerbangan pesawat perintis menuju rute yang sudah ditentukan sesuai jadwal di Bandara Internasional Juwata Tarakan.(TRIBUNKALTARA.COM) 

TARAKAN, DetakTerkini.com – Tahun ini, pemerintah pusat menganggarkan subsidi ongkos angkut (SOA) untuk penerbangan perintis penumpang dan kargo sebesar Rp 40 miliar.

Anggaran yang digelontorkan dari APBN ini nilainya hampir sama dengan anggaran SOA yang digelontorkan tahun 2021.

“Nilainya hampir sama dengan tahun 2021 kemarin. Hampir sama untuk Kaltara Korwil Tarakan Kaltara. Pelaksanaan anggaran di Bandara Juwata Tarakan sebagai Korwil. Ada empat korwil di Kalimantan,” beber Agus Priyanto, Kepala Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan sekaligus Koordinator Wilayah Perintis Tarakan yang membawahi seluruh wilayah di Provinsi Kaltara.

Dilanjutkan Agus, dengan adanya anggaran SOA itu, konektivitas bisa terjalin. Ini membuktikan pemerintah hadir men-support masyarakat.
Ia mencontohkan, sebelumnya rute Tarakan -Long Layu belum ada baik perintis penumpang dan kargo.
“Sekarang sudah ada. Kita berharap dominan penumpang Tarakan -Long Layu animo masyarakat pasti banyak. Karena kehadiran kita atas permintaan pemkot, pemkab dan pemprov,” urainya.

Ke depannya akan dilihat lagi, jika ada potensi duplikasi rute, tentu bisa dipindahkan ke wilayah yang memiliki demand (permintaan) lebih tinggi.
Ia menyebutkan pula, tahun 2021 khususnya masyarakat menggunakan angkutan perintis penumpang ada 16 rute dan angkutan perintis kargo 4 rute.

“Dengan hasil sampai dengan akhir tahun kami sudah mengangkut penumpang hampir 18.000 lebih penumpang dan 244 ton barang kargo,” sebut Agus.

Penerbangan perintis saat ini lanjut Agus, menjadi ujung tombak dalam pelayanan jasa angkutan udara di Indonesia.
Melalui kegiatan ini bisa dlihat bagaimana penerbangan perintis bisa menembus pedalaman hutan di Kalimantan.

Bisa menjangkau pulau terluar di Indonesia dan bahkan menghubungkan daerah–daerah di perbatasan negara tetangga dengan ibu kota pemerintahan daerah. Wujud nyata atas keberadaan pemerintah sangat terasa pada kegiatan angkutan udara perintis ini,” urainya
Misalnya warga masyarakat di Long Bawan, Long Apung bahkan di Long Pujungan bisa berbelanja kebutuhan mereka di kota kota besar terdekat seperti Malinau, Nunukan dan Tarakan.

Ia melanjutkan, untuk penerbangan perintis ini sendiri setiap hari selalu ada. Tetapi ada rute tertentu yang hanya terbang per tiga hari dalam sepekan.

“Ada yang hanya tiga hari dalam seminggu. Tapi selebihnya setiap hari ada yang berangkat dari 16 rute itu selalu terbang setiap hari,” ujarnya.
Ini juga lanjutnya, upaya tekan disapritas harga, dimana diketahui Kaltara memiliki banyak wilayah berdekatan dengan Malaysia

“Kebanyakan 90 persen di-support Malaysia. Dengan kondisi lockdown Malaysia, perintis hadir membantu memenuhi kebutuhan logistic masyarakat di wilayah 3T,” pungkasnya

Komentar

Tampilkan

  • Subsidi Ongkos Angkut Rp 40 Miliar, Pemerintah Kucurkan Untuk Penerbangan Perintis 2022
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed