Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Sedang Tidur Pulas, Satu Keluarga Terjebak Longsor

Detak Terkini
Jumat, 28 Januari 2022, Januari 28, 2022 WIB

 

Kondisi rumah yang rusak akibat diterjang tanah longsor pada Kamis (27/1) dinihari. (Foto: Asrin)


NUNUKAN, DetakTerkini.com – Satu unit rumah di Desa Tambalang Hilir, Kecamatan Lumbis Ogong, ambruk akibat tanah longsor yang terjadi Kamis (27/1/2022) sekira pukul 00.30 Wita, dinihari.


Untuk menghindari longsor susulan, rumah berbahan kayu milik keluarga Juni terpaksa dibongkar warga. Kini kondisinya sudah rata dengan tanah.

Hal ini diungkapkan oleh Camat Lumbis Ogong, Daut kepada Koran Kaltara, Kamis (27/1/2022) siang.

Informasi dari Kades Tambalang Hilir, kata dia, kejadian ini terjadi tengah malam saat dua keluarga di dalam rumah itu tidur pulas.

“Kan dari kemarin malam memang turun terus hujan. Bahkan sampai pagi ini (pagi kemarin) masih hujan. Mungkin inilah yang membuat postur tanah lembek dan membuatnya longsor,” ujarnya dikutip dari Koran Kaltara


Saat terjadi longsor, kata dia, pemilik rumah seketika terbangun lantaran mendengarkan suara keras dari arah dapur.

“Kebetulan mereka saat itu berada di posisi tengah rumah. Di situ ada dua KK. Nah, KK pertama terdiri dari 4 orang anggota keluarga, dan KK satunya itu anaknya menantunya. Mereka tinggal di situ satu rumah,” tambahnya.

Kejadian ini membuat sekeluarga yang masih berada dalam rumah tambah panik lantaran pintu rumahnya sudah tidak bisa terbuka dari dalam.

“Terjepit kan pintunya, akhirnya mereka buka jendela dan lompat. Jadi, sekeluarganya keluar lewat jendela,” jelasnya.

Dia juga menegaskan, Desa Tambalang Hilir ini memang daerah yang rawan longsor. Setidaknya ada kurang lebih 30 rumah, dihuni lebih kurang 36 kepala keluarga (KK).

“Kalau berapa jumlah warga itu tidak banyak. Memang desa ini adalah desa asal mereka, karena sebelumnya perataan lahan, akhirnya pindah ke Suka Maju,” jelasnya.

Namun dalam dua tahun terakhir ini, masyarakatnya pun kembali ke Desa Tambalang. Dan, kasus longsor ini merupakan kasus pertama.

“Begitu juga yang berada di pinggir-pinggir bantaran sungai, itu banyak juga yang longsor, kasihan juga warga kita,” bebernya.

Daut menyatakan, dari pihak pemerintah akan memberikan bantuan logistik untuk korban terdampak longsor tersebut.

“Saat ini rumah kami bongkar karena takutnya ada longsor susulan. Nah, tetangganya yang lain kami imbau untuk lebih waspada jika terjadi (longsor) malam hari,” tuturnya.

Meski begitu, dia mengaku sangat bersyukur dalam insiden ini tidak ada korban jiwa.

“Kami masih mendata kerugian yang dialami korban terdampak ini. Karena, rumahnya mau tidak mau harus dibangunkan kembali. Saat ini, keluarga korban sudah kami evakuasi ke rumah keluarganya,” bebernya.
Komentar

Tampilkan

  • Sedang Tidur Pulas, Satu Keluarga Terjebak Longsor
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed