Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Pembentukan Kota Tanjung Selor Harap Bupati Bulungan Syarwani Mekarkan Kelurahan

Detak Terkini
Minggu, 16 Januari 2022, Januari 16, 2022 WIB

 Home 

Kaltara 

Tanjung Selor

Berita Kaltara Terkini



Taman-taman yang berada di Kota Tanjung Selor, pihak Dewan Presidium DOB Tanjung Selor berharap Pemkab Bulungan dapat memekarkan kelurahan guna kelengkapan syarat administrasi pemekaran wilayah (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI)


TANJUNG SELOR, DetakTerkini.com - Dewan Presidium Pembentukan Kota Tanjung Selor harap Bupati Bulungan Syarwani mekarkan kelurahan.

Dewan Presidium Pembentukan Kota Tanjung Selor berharap, pihak Pemkab Bulungan dapat memulai pemekaran kelurahan di Kecamatan Tanjung Selor.

Tujuan pemekaran dilakukan untuk melengkapi syarat administrasi rencana daerah otonomi baru (DOB) Tanjung Selor, seandainya pemerintah pusat mencabut moratorium pembentukan DOB di Indonesia.

Ketua Dewan Presidium Pembentukan Kota Tanjung Selor, Achmad Djufrie, mengatakan, proses pembentukan DOB dapat dilakukan dua arah, yakni di tingkat lokal dengan mempersiapkan kelengkapan administrasi.

Dan di tingkat nasional, yakni terus berkomunikasi dengan pihak pemerintah pusat untuk pembentukan DOB Kota Tanjung Selor.

Pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kaltara ini mengakui bahwa pihaknya, belum melakukan pertemuan secara resmi dengan Bupati Bulungan Syarwani.

Kendati demikian, ia berharap pihak Pemkab Bulungan dapat mendukung rencana pemekaran kelurahan.

"Kalau pertemuan informal sudah tapi kalau resmi belum," kata Achmad Djufrie, Minggu (16/1/2022) dikutip dari TRIBUNKALTARA.COM

"Kami harap Pemkab bisa mekarkan dulu kelurahan yang ada, karena satu kecamatan minimal empat kelurahan, dan kita untuk kota butuh empat kecamatan," terangnya.

Salah satu langkah melengkapi persyaratan administrasi, adalah dengan memekarkan beberapa wilayah di Kelurahan Tanjung Selor Hulu dan Kelurahan Tanjung Selor Hilir menjadi beberapa kelurahan.

Di mana nantinya kelurahan baru tersebut akan berada dibawah kecamatan baru. Mengingat berdasarkan ketentuan yang ada, untuk sebuah kota, dibutuhkan minimal empat kecamatan yang tiap kecamatan terdiri dari beberapa kelurahan.

"Kita harap Bupati bisa mekarkan dulu Kelurahan Tanjung Selor Hulu dan Tanjung Selor Hilir, dan kami harap Pemkab Bulungan bisa memulai itu," ujarnya

Menurutnya dimulainya pemekaran kelurahan dan pembentukan beberapa kecamatan baru dapat dilakukan oleh Pemkab Bulungan, dan secara bersamaan pihak Pemprov dan DPRD Kaltara terus menyuarakan pembentukan Kota Tanjung Selor.

"Jadi sekarang kuncinya di Bulungan, dan kami juga mendesak pusat untuk ini, jadi kalau memang ini dimekarkan kita dapat," tuturnya.



Komentar

Tampilkan

  • Pembentukan Kota Tanjung Selor Harap Bupati Bulungan Syarwani Mekarkan Kelurahan
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed