Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Lelang Barang Rampasan Secara Online, Rp200 Juta Masuk Kas Negara

Detak Terkini
Sabtu, 22 Januari 2022, Januari 22, 2022 WIB


Lelang barang rampasan yang dilakukan Kejaksaan Negeri Tarakan secara online, Kamis (20/1/2022). (Foto : Istimewa)


TARAKAN, DetakTerkini.com – Kejaksaan Negeri Tarakan melakukan lelang online barang rampasan negara melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).


Lelang dilakukan Kamis (20/1/2022) dengan jumlah barang rampasan 18 item, terdiri dari 3 unit kapal, 1 mesin speedboat, 12 berbagai tipe kendaraan roda dua dan 1 unit roda empat.

Kepala Kejaksaan Negeri Tarakan, Adam Saimima melalui Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan, Muhammad Junaidi menuturkan dari 18 item yang dilelang ini sudah terjual semua.

“Barang rampasan yang dilelang ini dari perkara tindak pidana, ada narkotika, ilegal logging dan perkara lainnya,” ujarnya, Jumat (21/1/2022) dikutip dari Koran Kaltara

Semua barang bukti rampasan yang dilelang itu sudah berstatus inkrah. Artinya sudah mendapatkan kekuatan hukum tetap, sehingga sudah sah dan bisa dilakukan lelang.  “Sudah tidak ada upaya hukum lagi dari tersangkanya,” imbuhnya.

Ia tambahkan, barang bukti rampasan ini sudah cukup lama disita. Mulai dari kasusnya masih dalam proses penyidikan di Polres Tarakan, perkaranya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Tarakan hingga disidangkan di Pengadilan Negeri Tarakan.

Karena lamanya dalam penyitaan Jaksa, ada beberapa barang bukti yang mengalami kerusakan. Namun, ia memastikan kondisi barang masih laik dan rata-rata masih bisa digunakan dengan baik.

“Barang, ya apa adanya. Kalau diperbaiki, pasti ada. Kan namanya barang bukti serahan dari penyidik, kami tidak tahu bagaimana kondisi awalnya,” tuturnya.

Sebelum dilakukan lelang, Junaidi menerangkan, setelah kasusnya berkekuatan hukum tetap, pihaknya mengajukan permohonan lelang ke KPKNL. Selanjutnya, pelaksana dari KPKNL dan kejaksaan sebagai penjual.

Sistem online dan taksiran dari KPKNL. Calon pembeli tinggal mengakses website KPKNL untuk bisa ikut serta dalam lelang.

Peserta lelang pun bisa dari mana saja, dari seluruh Indonesia. Bahkan, saat proses lelang 18 item barang rampasan ini ada juga pembeli dari luar kota.

“Tadi, kami dapatkan nilai Rp200 juta lebih dari 18 item yang dilelang. Paling mahal itu speedboat dan mesin 200 PK yang nilainya Rp20 juta,” ungkapnya.

Speedboat dan mesin ini merupakan barang bukti dari kasus 2,4 kg sabu yang berkaitan dengan perkara Hendro Setiawan.
Komentar

Tampilkan

  • Lelang Barang Rampasan Secara Online, Rp200 Juta Masuk Kas Negara
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed